December 29, 2014

Program Kuliah Lapangan Pengantar Antropologi ke Baduy

Pada tanggal 18-21 Desember 2014 Jurusan Pendidikan Sosiologi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa mengadakan “Kuliah Lapangan Mata Kuliah Pengantar Antropologi’ ke masyarakat adat Baduy di kaki pegunungan Kendeng, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak-Rangkasbitung, Banten.

Kuliah lapangan ini merupakan yang pertama kalinya diselenggarakan oleh Jurusan Pendidikan Sosiologi dan juga merupakan pengalaman pertama bagi mahasiswa dalam menambah pengetahuan dan pengalaman secara langsung. Kegiatan ini diikuti oleh 38 mahasiswa Pendidikan Sosiologi angkatan pertama (2014) beserta dengan dosen, Ketua Jurusan, dan Sekretaris Jurusan. Dengan kuliah lapangan ini diharapkan mahasiswa dapat mengaplikan secara langsung pengetahuan yang telah didapat selama perkuliahan dengan situasi riil pada masyarakat adat.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini diawali dengan mengadakan “Seminar Sadar Budaya” di SD Negeri Bojong Menteng. Seminar ini diikuti oleh perwakilan guru sekolah dasar se-Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak-Rangkasbitung, Banten. Pembicara dalam seminar adalah Musahwi, M.Sos dan Dr. Wahid Abdul Kudus, M. Si.

Seusai seminar, peserta kuliah lapangan melakukan perjalanan ke Komunitas Adat Baduy Luar dan menginap selama satu malam untuk melakukan observasi lapangan. Pada hari kedua perjalanan dilanjutkan ke Komunitas Adat Baduy Dalam Desa Cibeo untuk melakukan observasi lapangan dan melakukan wawancara dengan kepala adat Komunitas Adat Baduy Dalam Desa Cibeo. Peserta kuliah lapangan juga menginap di rumah masyarakat Komunitas Adat Baduy Dalam Desa Cibeo guna melakukan observasi kegiatan keseharian komunitas adat. Pada hari ketiga kegiatan kuliah lapangan selesai dan peserta melakukan perjalanan pulang ke kampus Ciwaru Serang.

Berikut ini beberapa dokumentasi kegiatan Program Kuliah Lapangan Pengantar Antropologi Jurusan Pendidikan Sosiologi tersebut:




No comments:

Post a Comment